0

3 Langkah Mudah Membuat Autentifikasi Login Pada Laravel 5.2

Menurut saya, Laravel merupakan framework PHP yang paling powerfull. Bagi yang belum mengetahui apa itu Laravel, bisa membaca dulu di artikel berikut Laravel 4, PHP Framework Yang Sedang Naik Daun . Oh iya, perlu diketahui, framework Laravel ini sekarang sudah di versi 5.2.

laravel

Sesuai dengan judul diatas, artikel ini akan memberikan langkah-langkah bagaimana cara membuat autentifikasi login di Laravel 5.2. Laravel sendiri sudah menyediakan library khusus untuk memudahkan kita dalam membuat autentifikasi login untuk aplikasi yang sedang kita buat sehingga autentifikasi login bisa kita buat dengan lebih cepat dan efisien.

Bagaimana caranya?

Pertama, download dan install Laravel versi terbaru

Kedua, jalankan perintah command berikut melalui terminal atau cmd:

php artisan make:auth

Jika berhasil makan akan muncul hasil seperti ini:

tutorial laravel login

Maka, Laravel akan otomatis membuat sebuah table bernama users dengan struktur id,name,email,password,remember_token. Jika kamu ingin mengganti nama table users tadi, kamu bisa merubahnya melalui konfigurasi di file config/auth.php.

Dalam proses ini juga, Laravel akan mengenerate routes.php, 2 file controller (AuthController.php, PasswordController.php) dan beberapa default file views berupa halaman login,register dan bahkan halaman forgot password.

Berikut hasil halaman login dan register yang sudah berfungsi dengan baik hasil generate melalui php artisan make:auth

tutorial laravel login

Halaman depan aplikasi dengan memanfaatkan fitur make:auth

tutorial laravel login

Halaman Login yang sudah ready

tutorial laravel login

Halaman register user

 

Ketiga,  sampai pada tahan ini, autentifikasi login yang kamu buah sudah selesai. Selanjutnya kamu tinggal memodifikasi sesuai yang kamu inginkan. Jika kamu hanya ingin menggunakan fungsi auth-nya saja tanpa tampilan yang sudah digenerate, kamu dapat dengan mudah memodifikasinya.

Selamat mencoba.. :)



Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *