0

5 Extension Yang Wajib Ada di ATOM IDE Agar Kamu Lebih Produktif

ATOM merupakan sebuah IDE yang dikembangkan oleh sebuah tim dari GITHUB. Kita bisa melihat copyright di website resmi atom di https://atom.io/ yang menyebutkan bahwa ATOM “di-coding” dengan “cinta” oleh GITHUB. ATOM merupakan IDE open source. Jadi setiap orang boleh menggunakannya, menambahkan extension/package bahkan ikut andil untuk membuat sendiri extension/package ATOM IDE agar bisa digunakan oleh developer di seluruh dunia.

extension atom ide keren

Pertama kali mengenal ATOM IDE sekitar pertengahan tahun 2015 lalu. Ketika itu ATOM rilis versi pertama. Ketika itu, ATOM sudah mendukung berbagai bahasa pemograman. Javascript, PHP, HTML, CSS, C,C#, GO,  Shell, Perl, Ruby, Python, Java dan masih banyak lagi.

Dari segi feature mungkin saja kalah dari IDE premium yang ada. Namun kita juga bisa menambahkan sendiri feature sejenis pada ATOM IDE dengan menginstall berbagai package yang dibuat oleh para developer diseluruh dunia.

Saya sendiri menambahkan beberapa Extension agar ATOM IDE saya bisa lebih powerfull dalam mendukung efektifitas dan keefesienan ketika sedang coding. Apa saja Extension itu?  berikut 5 Extension yang wajib ada di ATOM IDE versi saya 😀

  1. Snippets, Saya sendiri menambahkan Laravel Snippets, agar proses coding dengan framework laravel lebih efektif dan efisien. Tersedia berbagai macam snippets yang sudah dikembangkan oleh para developer di seluruh dunia.
  2. Integrator, saya menggunakan PHP Integrator agar proses coding lebih efektif. Dengan PHP integrator kita bisa melakukan navigasi antar class, method, function dengan hanya melakukan klik pada pada function atau class. Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi mencari tahu, function ini ada di mana, di class mana dan lain-lain. Selain sebagai navigasi antar function, selain intelligent PHP autocompletion, extension ini juga dapat menampilkan dokumentasi function  PHP atau function yang kamu sudah buat dalam bentuk tooltip ketika dihover.
  3. GIT Control, extension ini membuat ATOM IDE kita terintegrasi dengan GIT. Kita bisa melakukan commit, git pull, git push, switch antar branch langsung melalui ATOM IDE dengan hanya melakukan klak-klik tanpa harus menjalankan command GIT melalui terminal. Extension ini juga memudahkan kita ketika sedang melakukan compare perubahan line code. Bisa dicek di sini https://atom.io/packages/git-control .
  4. Linter, extension ini akan memberikan kita notifikasi ketika ada baris kode yang error.
  5. GIT Time Machine, nah extension ini yang sebenarnya tidak terlalu penting tapi sangat keren. Extension ini akan memberikan grapik tanggal perubahan source code, keterangan commit dari file sourcecode yang sedang kita buka.  Bisa dicek di sini  https://atom.io/packages/git-time-machine

Dengan ditambahkannya beberapa extension di atas, saya jamin ATOM IDE kamu bisa membuatmu lebih produktif :)

Jika ada komentar atau pertanyaan, jangan sungkan tulis di kolom komentar di bawah ya .. 😀



Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *