3

Laravel 4, PHP Framework Yang Sedang Naik Daun

Dalam pengembangan sebuah aplikasi/software , sudah bukan menjadi hal yang baru apabila dalam prosesnya setiap developer menggunakan framework untuk mendukung proses pengembangan aplikasi tersebut agar berjalan dan terlaksana dengan baik.

Saya sendiri sebagai PHP developer pernah menggunakan berbagai macam jenis PHP Framework yang memang sangat mendukung dalam tahapan coding. Untuk kelebihan dan kelemahan framework bisa di baca link ini kelebihan dan kekurangan menggunakan Framework.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman ketika menggunakan sebuah PHP Framework yang masih terbilang baru, yaitu Laravel 4. Sedikit penjelasan tentang Laravel 4, Framework ini pertama kali dibuat oleh Taylor Otwell dibawah lisensi MIT license. Menurut survey yang dilakukan pada Desember 2013, Laravel menempati posisi pertama sebagai framework paling populer selama 2013, diikuti oleh Phalcon, Symfony2, Codeigniter dan lainnya.

belajar laravel

Seperti framework pada umumnya, Laravel juga menggunakan konsep MVC (Model View Controller) dalam membangun sebuah aplikasi. Lantas apa yang menjadi kelebihan framework ini dibandingkan framework-framework terdahulu? Berikut beberapa hal menarik dari Laravel 4 yang saya dapatkan selama menggunakan framework ini.

1. Fitur Composer
Laravel mempunyai fitur composer dimana composer ini berbentuk json file yang isinya berupa konfigurasi libraries apa saja yang dibutuhkan oleh aplikasi yang kita sedang buat. Selain itu, dalam composer ini juga didefinisikan class apa saja yang akan digunakan dan diload oleh aplikasi yang akan kita buat nantinya.

Hal yang menarik dengan adanya composer, kita tidak perlu mendownload satu persatu library yang akan kita gunakan, karena dengan hanya menambahkan konfigurasi library kita akan dengan mudah mendownload semua libraries yang kita butuhkah tersebut hanya dengan menjalankan sedikit perintah di command(windows) / terminal (linux), tanpa harus repot mendownloadnya satu persatu. Dengan menjalankan perintah “php composer update” semua libraries yang kita butuhkan akan otomatis terinstall pada framework kita. Tidak hanya itu, ketika developer lain ingin menggunakan libraries yang sama dengan yang kita pakai, cukup copy kan file composer.json ke dalam folder aplikasinya, lalu jalankan perintah commad yang sama dan seluruh libraries akan terinstall sempurna.

2. ORM Eloquent (Object Relational Mapping)
Ini adalah active record database yang keren. Menggunakan ORM, semua query yang hendak kita gunakan untuk melakukan manipulasi data di database akan terasa sangat sederhana dan menyenangkan.

3. Simple Pagination
Kita terkadang suka direpotkan jika ingin membuat sebuah fungsi pagination. Di Laravel kita tidak perlu direportkan dengan berbagai aturan dan konfigurasi untuk membuat pagination seperti pada framework-framework lainnya.

4. Queues
Kita tidak perlu repot-repot lagi jika ingin menggunakan proses queue dalam sistem yang kita hendak buat. Laravel suah menyediakan fungsinya.

5. SSH
Laravel mempunyai cara sederhana untuk melakukan SSH pada remote server dan menjalankan command.

6. Redis
Ingin menggunakan database no sql, atau menggunakan fungsi untuk melakukan penyimpanan data pada memory dalam bentuk cache? Laravel sudah menyediakan fungsi ini. Kelebihan menggunakan Redis, data akan di simpan di dalam memory bukan harddisk. Data yang di simpan pada memory akan jauh lebih cepat diakses dari pada data yang disimpan di harddisk.

Sebenarnya masih banyak hal-hal menarik lain dari laravel yang belum saya share selain beberapa poin yang saya bahas di atas. Insya Allah akan saya lanjutkan pada kesempatan berikutnya. Juga untuk beberapa poin diatas, akan saya buatkan artikel penjelasannya satu-persatu.

Kesimpulannya, laravel ini menggabungkan semua kelebihan-kelebihan yang ada pada setiap framework PHP terdahulu.

Laravel ini juga sangat cocok digunakan untuk pengembangan aplikasi skala besar karena sudah didukung libraries seperti AWS dan lain-lain yang tentunya sangat akan memudahkan developer dalam mengembangkan sebuah aplikasi yang powerfull namun dengan kode yang tetap indah.

Bagi yang ingin mengenal lebih jauh tentang laravel, bisa langsung mengunjungi websitenya di http://laravel.com/ .

Selamat mencoba :)

 



Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.

3 Comments

  1. gun nih gw adhe temen lama lu, haha mantap blognya bikin postingan kaya buku codeigniter yang dijual dong, nanti gw minta yah kalo udah buat buku kaya gitu, agak tertarik belajar laravel, hehe.

    • Ahaha.. oh ya.. apa kabar? thanks udah berkunjung. haha.. sip sip.. gampang, doain aja moga bisa bikin lagi buku baru :D. Gua juga masi belajar..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *