0

Masih Suka Susah Tidur? Coba Dulu 3 Cara Ini!

Beberapa waktu yang lalu, saya mengalami susah tidur berkepanjangan. Biasanya, kalau diatas jam 12 malam masih belum tidur, bisa sampai jam 2 pagi baru tidur pulas. Kebiasaan jelek ini bukan tanpa sebab, selalu tidur diatas jam 12 malam karena memang akhir-akhir ini sedang sibuk mengerjakan proyek freelance. Karena dikerjakan diluar jam kerja di kantor, akhirnya menyita waktu sampai larut malam.

Jujur saja, kebiasan tidur larut malam menjelang pagi saya itu bisa terjadi sampai berminggu-minggu. Walhasil, bangun pagi pun jadi susah. Berangkat ke kantor dengan hawa masih ngantuk. Tidak hanya saat proyek freelance itu saja saya jadi suka susah tidur, tapi di malam-malam normal pun jadi terbawa kebiasaan tidur di atas jam 1 pagi.

cara agar cepat tidur

Bagi yang sedang mengalami masalah serupa, mungkin tips agar cepat tidur ini bisa cukup membantu. Apa yang saya lakukan agar cepat tidur?

Pertama, bagi yang sudah terlanjur mengalami kebiasaan tidur larut malam dan bangun siang, coba paksakan untuk selalu bangun pagi, paling siang jam 6 pagi. Pasti memang akan sangat berat di awal. Tapi jika sudah dipaksakan dalam seminggu saja, pasti akan menjadi kebiasaan.

Trus apa tujuannya bangun lebih pagi? Alasannya kalau kita bangun lebih pagi, tentunya kita mungkin akan mengantuk sepanjang hari karena kurang tidur, apalagi malamnya kita baru bisa tidur menjelang pagi. Gak apa-apa, memang itu tujuannya, agar mengantuk sepanjang hari 😀 . Dan jangan sekali-kali tidur di siang harinya.

Usahakan mulai tidur di atas jam 9 malam tapi di bawah jam 11 malam.  Jangan tidur di bawah jam 9 malam walaupun sedang terkena efek ngantuk karena kurang tidur! kenapa? sepengalaman saya, tidur lebih cepat biasanya akan terbangun ditengah malam, dan setelah itu kita tidak akan bisa tidur lagi. Entah ada penelitian ilmiahnya atau tidak, tapi mungkin tubuh masih membaca kebiasaan tidur kita. Lain cerita kalau pola tidur kamu sudah normal.

Jika melakukan hal itu, dijamin dibawah jam 12 malam kamu sudah terlelap tidur. Esok harinya, jangan pernah sekali-kali lagi bangun siang!  Tetap usahakan selalu bangun pagi sebelum jam 6. Lakukan setiap hari walaupun berat di awal. Dan mengantuk sepanjang hari.

Tips ini bukan tanpa alasan. Saya sudah menanyai dan mengamati beberapa orang yang suka susah tidur berkepanjangan termasuk saya sendiri, saya mendapatkan informasi bahwa semuanya mempunyai pola yang sama, yaitu selalu bangun siang.

Cara tersebut sangat ampuh bagi saya,  mungkin setiap orang akan beda hasilnya. Tapi cara tersebut sebenarnya adalah untuk memperbaiki pola tidur yang salah dan untuk mengembalikan kebiasaan tidur yang benar.

Kedua, selain menerapkan metode tadi, cobalah diiringi dengan kegiatan berolahraga minimal seminggu sekali. Siapapun pasti setuju, setelah berolahraga biasanya badan kita akan lebih segar dan malamnya biasanya kita akan lebih cepat mengantuk.

Ketiga,  Minum segelas jus alpukat satu jam sebelum tidur. Dari artikel yang saya dapat di http://greatist.com/grow/best-and-worst-foods-for-sleep , Alpukat menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dan itu memang terbukti pada saya. Biasanya kalau saya minum jus alpukat sebelum tidur, saya jadi lebih cepat mengantuk. Entah kebetulan atau tidak, tapi itu terbukti.

So, tidak ada perubahan jika tidak ada usaha. Pola tidur yang berantakan pasti selalu bisa diperbaiki. Namun untuk memperbaiki pola tidur yang sudah terlanjur berantakan, tentunya dibutuhkan komitmen dan usaha yang keras. Cukup coba jalani 3 cara di atas, Insya Allah kita akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Bagi yang sudah menerapkan, ceritakan pengalamannya di kolom komentar ya 😀



Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *