0

Menengok Geliat Produk UKM di SMESCO Festival 2015

Hari sabtu kemarin, saya sengaja datang mengunjungi SMESCO Festival 2015 yang diadakan di JCC Senayan, Jakarta. SMESCO Festival sendiri merupakan pameran produk-produk UKM dari seluruh penjuru Indonesia yang biasanya rutin diadakan setiap tahun  oleh SMESCO. Hal yang membuat saya sengaja datang ke acara tersebut selain karena saya memang tertarik dengan dunia UKM dan kewirausahaan, juga karena menemani seseorang yang juga sedang belajar berwirausaha.

Di pameran tersebut, terdapat banyak sekali stand produk-produk UKM dari  seluruh penjuru Indonesia. Ada produk UKM dari Aceh sampai Papua.

Kesan pertama ketika datang ke pameran tersebut adalah saya semakin kagum dengan kekayaan dan keunikan budaya Indonesia. Betapa tidak, setiap stand yang mewakili provinsi dan daerahnya masing-masing mempunyai ciri khas dan keunikan produknya sendiri-sendiri yang menggambarkan daerahnya masing-masing.

Dari satu produk saja misalnya, kain batik. Setiap daerah mempunyai keunikan tersendiri. Saya datangi satu-persatu ke stand batik tulis dari Cirebon, terus ke stand batik tulis Betawi, batik tulis Kediri, batik Madura. Semuanya mempunyai keunikan. Itu baru kain batiknya saja, belum lagi ada batik yang sudah dalam bentuk produk-produk kreatif seperti tas, sepatu, aksesoris dan lain-lain.

Itu baru kain batik tulis,  jangan lupa ada juga kain Bali, kain tenun Toraja, kain tenun Kupang, kain songket dan banyak lagi jenis-jenis kain tradisional Indonesia yang bernilai tinggi sampai harganya berjuta-juta loh. Itu baru berupa kain, belum lagi yang sudah jadi dalam bentuk produk-produk kreatif lainnya.

Ada juga produk UKM berupa makanan. Ada bawang goreng Flamboyan khas Palu, ada dodol dari Garut, Keripik buah dari Malang, Kopi khas Aceh dan masih banyak lagi jenis-jenis produk makanan UKM lainnya yang membawa ciri khas daerahnya masing-masing.

Semangat Berwirausaha Anak Muda

Kata ahli ekonomi, suatu negara akan mengalami kemajuan yang pesat jika jumlah pengusahanya sudah mencapai minimal 2% dari jumlah warga negaranya. Bagaiman dengan Indonesia? Indonesia baru ada dikisaran 1.65%. Oleh karena itulah peran UKM menjadi sangat penting bagi kemajuan perekonomian Indonesia. Kekuatan UKM benar-benar menjadi roda perputaran ekonomi Indonesia.

Jika melihat pameran kemarin, Indonesia masih mempunyai pasar yang luas. Bagi saya sendiri, banyak sekali ide-ide yang bermunculan untuk kembali memulai berbisnis. Entah itu kita memasarkan produk-produk unik dari daerah lain di daerah kita, menjadi reseller, atau membangun jaringan kerjasama bisnis lain dengan para pelaku UKM diseluruh Indonesia.

Hal yang juga membuat saya merasa optimis akan berkembangnya ekonomi Indoenesia adalah dengan banyaknya adek-adek mahasiswa dan mahasiswi yang tertarik pada dunia kewirausahaan dengan mengunjungi pameran dan acara workshop kewirausaan yang diadakan bersamaan acara pameran di JCC.

Anak-anak muda tentunya mempunyai banyak ide-ide gila kreatif untuk menjalankan sebuah bisnis. Ide-ide yang tentunya sangat relevan jika diterapkan di zaman sekarang. Dan semangat ini harus ditanamkan pada pola pikir anak-anak muda Indonesia.

Kesimpulan

Pemerintah harus memberikan perhatian khusus bagi para pelaku UKM di seluruh Indonesia. Entah itu dengan bantuan pendanaan ataupun kemudahan birokrasi. Pemerintah harus mewajibkan kurikulum kewirausahaan bagi adik-adik kita di sekolah, terutama dari sekolah dasar. Belajar berwirausha bukan semata-mata harus jadi pedagang, tapi mental orang-orang yang pernah menjalankan usaha biasanya akan lebih terasah dan tertempa dengan baik. Jadi tidak ada salahnya jika materi kewirausahaan ini sudah diajarkan dari sekolah dasar.

IMG_20151003_110339

 

IMG_20151003_110352

Batik Indramayu

 

IMG_20151003_134228

 

IMG_20151003_153334

 

IMG_20151003_153414

 

IMG_20151003_153556

 

IMG_20151003_153624

 

IMG_20151003_153813

 

 

 

 

 

 



Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *