3

Nangkring Bareng Blogger Kompasiana Di Kantor Google Indonesia

Hari jum’at kemarin tepatnya tanggal 28 Februari 2014, saya bersama 14 blogger kompasiana lainnya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke kantor Google Indonesia di Sentra Senayan 2, Jakarta. Ini adalah kali pertamanya saya melihat langsung bagaimana suasana kantor Google di Jakarta.

Kesempatan untuk mengunjungi kantor Google Indonesia datang ketika tim dari Kompasiana dan Google Indonesia hendak mengadakan  acara berupa workshop untuk para blogger kompasiana.  Berawal dari iseng mendaftar untuk mengikuti acara tersebut, saya menjadi salah satu orang yang beruntung untuk mendapatkan kesempatan itu mengingat hanya 15 blogger yang dipilih Kompasiana untuk mengikuti acara tersebut.

Tema yang dibahas pada workshop itu adalah tentang Search Engine Marketing (AdWords) dan informasi seputar teknologi-teknologi terbaru dari Google.

Search Engine Marketing (AdWords) merupakan salah satu strategi untuk memasarkan produk kita di Google. Dalam dunia internet, mungkin kita pernah mendengar istilah yang disebut SEO atau Search Engine Optimaztion. SEO merupakan suatu metode dan strategi yang digunakan yang tujuannya membuat website kita nangkring diposisi atas hasil pencarian google. Metode ini lebih mengedepankan bagaimana mengoptimasi website, baik dari sisi konten, halaman, backlink, outlink dan lain-lain. Namun dengan metode ini, untuk membuat posisi kita berada diposisi puncak google membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Lain halnya dengan Search Engine Marketing (AdWords)  Metode ini memungkinkan website kita berada diposisi puncak google dalam waktu singkat. Namun metode ini berbayar. Kita mendeposit sejumlah uang ke Google agar website kita berada diposisi atas.

Selain Search Engine Marketing, tema yang dibahas pada waktu itu juga salah satunya adalah tentang Google Plus yang ternyata mempunyai segudang manfaat termasuk untuk para blogger dalam meningkatkan trafik dan personal branding.

Ini juga merupakan kali pertamanya saya mengikuti acara yang digelar Kompasiana dan bertemu langsung dengan para dedengkot blogger Kompasiana seperti Mas Haris, Mbak Aulia Gurdi, Mbak Maria dan Mbak Yunika Umar.

IMG_20140228_175821

name tag dari Google

 

Mejeng didepan lobi

Mejeng didepan lobi

 

Para karyawan google dibebaskan untuk menggunakan tempat bersantai ini kapan saja. Ada konsole game juga loh..

 

Ditempat ini karyawan google boleh memakan dan meminum apa saja yang tersedia disana, dan semuanya gratis..

Makanan dan minuman..(foto:dari Mbak Nisa)

 

Menu makan siang (fofo: dari Mbak Nisa)

 

Mas Ricky sedang menjelaskan tentang Search Engine Marketing (foto: dari Mbak Nisa)

Mas Ricky sedang menjelaskan tentang Search Engine Marketing (foto: dari Mbak Nisa)

Ini kantor apa tempat pijet ya? 😀

 

 

Ruang kerja lainnya
Berbagai macam cemilan. Indonesia banget :)

 

 

Berfoto dibawah becak (foto: dari mbak Aulia)

Berfoto dibawah becak (foto: dari mbak Aulia)

Mejeng lagi sebelum pulang :D

Mejeng lagi sebelum pulang :D

 

Blogger Kompasiana

Bersama para dedengkot blogger kompasiana (foto: dari mbak Aulia )

 

Satu kata untuk mengambarkan suasana kantor Google Indonesia. “Keren”. Para karyawan di Google tidak diwajibkan memakai pakaian kemeja ala orang kantoran seperti pada umumnya. Mereka bebas menggunakan celana jeans, kaos bahkan sandal. Disini juga tidak ada aturan jam kerja from nine to five . Para karyawan dibolehkan untuk datang ke kantor dari jam berapa saja. Bahkan dari jam 12 siang atau jam 1 siang pun tidak masalah. Tentunya, selama ada kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi sesuai job desk nya masing-masing dan sesuai deadline. 

Sisi unik lainnya dari kantor Google di Indonesia adalah desain interiornya yang sangat menonjolkan unsur-unsur Indonesia. Sangat kental terasa Indonesia bangetnya. Seperti misalnya ada salah satu ruangan yang namanya pangkalan ojek  :D.

Kalau kata orang-orang tua jaman dulu, orang kerja kantoran pake kemeja rapi, dasi, jas itu keren. Jaman sekarang, kekantor pake kaos dan celana jeans itu jauh lebih keren lagi. Apalagi didukung dengan suasana kantor yang out of the box dan tidak mainstream.

Semoga kedepannya saya bisa terus rutin kembali bertemu dan berbagi cerita bersama para blogger kompasiana.

Ayo NGEBLOG!

Ayo cerdaskan Indonesia dengan blogging! :)

 

We are blogger, we are kompasianer (foto : dari Mbak Nisa)

We are blogger, we are kompasianer (foto : dari Mbak Nisa)

 



Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *