2

Nikmat Sehat, Nikmat Yang Paling Sering Kita Lupa

Liburan akhir tahun 2014 kemarin adalah liburan tahun baru yang berkesan dan belum pernah saya alami sebelumnya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, kami biasanya selalu merayakan kebersamaan liburan tahun baru dengan makan-makan bersama, bakar-bakar ikan, nasi liwet, ikan peda dan banyak lagi. Akhir tahun kemarin saya menghabiskan hampir seluruh masa liburan natal dan tahun baru saya selama 5 hari penuh untuk menemani ibunda yang sedang terbaring lemah di rumah sakit. Hampir setiap malam selalu tidur berjaga bergantian bersama adik dan ayah untuk memastikan keadaan ibunda baik-baik saja.

Tentunya pasti selalu ada alasan mengapa Allah memberikan kejadian atau suatu musibah pada kita. Sepanjang saya menginap di rumah sakit, saya menemukan banyak sekali orang-orang dengan berbagai macam penyakit. Kejadian ini menyadarkan saya bahwa kesehatan adalah sesuatu harta yang sangat mahal. Berkaca pada diri sendiri, selama ini saya kurang peduli dengan kesehatan. Kadang suka terlalu memaksa diri bekerja keras sampai larut malam, telat makan dan tidak pernah berolahraga.

Kebiasaan-kebiasaan buruk itu mungkin baru akan terasa dampaknya setelah beberapa tahun kemudian.  Saya jadi teringat salah satu hadis yang berbunyi :

 Ada dua kenikmatan yang disia-siakan sebagian besar manusia, yaitu kesehatan dan kelapangan waktu. (HR Bukhori).

Duh, saya jadi semakin sadar akan kenikmatan sehat yang sering saya sia-siakan. Nikmat sehat ini adalah nikmat yang paling sering kita lupakan. Kita baru sadar bahwa kesehatan itu amat berharga setelah kita sakit.

Mulai tahun 2015 ini, saya akan berusaha untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, khususnya berusaha untuk hidup lebih sehat lagi. Mungkin mulai merutinkan lari pagi setiap minggu… semoga bisa aammiinn…  :)

 

 



Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.

2 Comments

  1. Bener bgt mas Gugun, kadang kita lupa bersyukur kalo pas sehat, kalo pas sakit aja nyalahin semua orang… hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *