0

Review Buku : How To Master Your Habits – Felix Siaw

Beberapa hari yang lalu, ketika sedang dalam masa libur perayaan Imlek tahun 2014, saya menghabiskan satu perjalanan liburan saya dari Jakarta ke Bandung dengan membaca  salah satu buku karya Felix Siaw yang berjudul How To Master Your Habbits. Buku ini menjelaskan tentang bagaimana peranan sebuah habits ( kebiasaan ) yang akan menentukan berhasil atau tidaknya kehidupan yang akan kita jalani. Menurut Felix Siaw, kebiasaan yang kita lakukan tidak hanya akan menjadi  penentu kesuksesan, tapi juga bisa menjadi penentu kegagalan kita di masa depan.

 

how to master your habits - felix siaw

how to master your habits – felix siaw

Di dalam buku ini juga dijelaskan contoh-contoh bagaimana sebuah kebiasaan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan seseorang. Sebagai contoh ketika pesepak bola profesional bermain bola dengan skill yang tinggi, dan membuat takjub semua orang yang menontonnya, namun bagi si pesepakbola, itu adalah hal yang biasa saja. Kenapa bisa seperti itu? sedangkan kita setengah mati mengikuti gaya-gaya skill tinggi pesepak bola profesional. Jawabannya karena itu sudah menjadi hal yang biasa bagi pesepak bola profesional. Mereka melakukannya setiap hari.

Contoh lain, ketika kita sedang belajar menyetir, otak kita akan selalu berpikir, kapan kaki menginjak rem, kapan kaki menginjak gas, kapan harus memindahkan gigi, menginjak kopling dan sebagainya, namun ketika menyetir itu sudah dilakukan setiap hari, maka kita bisa dipastikan hampir semua gerakan yang kita lakukan ketika menyetir adalah refleks karena otak sudah terbiasa melakukan dan melatih itu. Semua karena kebiasaan.

Kebiasaan yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Namun sayangnya, kebiasaan buruk pun akan membuahkan keburukan pula. Sebagai contoh, apa yang akan terjadi ketika kita selalu terbiasa untuk bergadang semalamam? Ya, tentunya akan lebih banyak hal negatif yang didapat ketimbang hal positif.  Yang pasti, membuat kita malas bangun pagi, mengundang penyakit, menghabiskan waktu untuk hal sia-sia. lain lagi jika begadang dilakukan dalam hal ibadah atau belajar.

Dalam buku ini juga diceritakan bagaimana transformasi Felix Siaw yang tak lain adalah seorang ustad, merubah kebiasaan kurang baiknya yang selalu menghabiskan waktu berjam-jam dengan bermain game menjadi kebiasaan yang baik yaitu belajar menulis. Hasilnya, tulisan-tulisan Felix Siaw menjadi lebih baik hari demi hari, dan bukunya bisa saya baca saat ini.

Kelebihan Buku Ini:

  1. Ringan untuk dibaca
  2. mudah dipahami
  3. design setiap halamannya sangat menarik karena disetiap halaman hampir selalu ada ilustrasi berupa gambar.

Kekurangan Buku Ini :

  1.  Walaupun dalam buku ini dijelaskan, bagaimana melatih kebiasaan-kebiasaan baik kita, tapi menurut saya, solusi atau tips-tips dalam buku ini masih kurang banyak. Seharusnya bisa dijelaskan lebih banyak lagi.

Penilaian saya untuk buku ini adalah 8 dari 10.

Jangan salah, kesuksesan dan kegagalan yang akan kita dapatkan di masa depan, berawal dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan sedari sekarang. Jadi, biasakan diri anda untuk selalu melakukan kebiasaan-kebiasaan baik mulai dari saat ini.

 

 

 



Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *