Serunya Wisata Murah ke Pulau Harapan

Sebulan yang lalu, saya bersama 20-an teman sekantor  berkesempatan untuk berwisata mengunjungi Pulau Harapan. Pulau ini sendiri terletak di Kepulauan seribu, DKI Jakarta. Kata beberapa teman yang suka traveling dan pernah ke sana, Pulau Harapan ini merupakan salah satu pulau yang terindah diantara pulau-pulau lain  di Kepulauan Seribu lainnya.

Sebelum ke sana, saya menyempatkan diri untuk googling semua info tentang Pulau Harapan dan teryata memang benar, banyak sekali  yang memberi review positif untuk pulau Ini. Apalagi banyak yang share foto-foto indahnya pantai di sana.

pulau harapan

Salah satu perahu teman kami harus ditarik dengan perahu lainnya karena mesinnya mati :D

Transportasi ke Pulau Harapan

Untuk menuju kesana ada beberapa opsi yang bisa kita pilih. Pertama naik kapal melalui jalur pelabuhan Muara Angke dan kedua melalui jalur Ancol. Saya sendiri melalui jalur Muara Angke. Selain karena harga naik kapalnya jauh lebih murah sekitar Rp.50.000-an dibanding harga naik kapal speedbot di Ancol yang bisa sampai Rp. 200.000-an perorang, juga karena jalur via Muara Angke itu sudah termasuk dalam paketan penyedia tur travel ke sana.

Bayangkan, saya harus bangun jam 4 pagi menuju pelabuhan Muara Angke hanya untuk mengejar jadwal keberangkatan kapal yang jam 6 pagi. Sebenarnya jadwal kapal ada setiap jam, tapi kami memilih lebih pagi agar bisa punya lebih waktu selama di sana nantinya. Kita bisa menggunakan bus transjakarta yang jam 5 pagi, atau kalau mau lebih praktis ya tinggal naik taksi. 😀

Lama perjalanan sekitar 3 jam. Ini pertama kalinya saya naik kapal sampai selama itu. Selama 3 jam terombang-ambing ditengah lautan. Alhasil, kepala pusing dan mabok laut.

Obyek Wisata Pulau Harapan

Sebenarnya ada beberapa obyek wisata yang bisa kita pilih selama di sana. Tapi berhubung saya dan teman-teman lainya kesana dengan menggunakan jasa travel, maka kita semua mengikuti susunan acara yang sudah dibuat penyedia travel.

Obyek wisata  yang paling berkesan selama di sana adalah ketika saya mencoba snorkeling untuk pertama kalinya. Seru juga mengamati ikan-ikan yang berenang di sekitar kita.

Kita juga bisa mengunjungi pulau-pulau kecil yang ada disekitar Pulau Harapan. Oiya, ada penangkaran penyu juga di sana.

IMG-20150830-WA0011

Menikmati sunrise Pulau Harapan

Makanan Khas Pulau Harapan

Ada satu makanan yang kata orang-orang di sana, itu adalah makanan ciri khas Pulau Harapan. Katanya kalau ke Pulau Harapan harus nyoba makan itu. Namanya “cilung”. Tapi kok saya gak asing yah dengan nama makanan ini padahal baru pertama kali datang. Saya jadi ingat salah satu jajanan anak SD di Bandung, dan namanya “cilung” juga.

Setelah saya coba beli, ternyata memang benar, cilung di Pulau harapan ini sama percis dengan cilung yang ada di Bandung. Terbuat dari bahan dasar “aci” (tepung kanji) , telur kemudian di gulung-gulung dengan batang kayu, jadilah CILUNG  “Aci digulung-gulung”.

Saya masih gak ngerti kenapa cilung bisa sampai ke Pulau harapan dan menjadi jajanan khas sana. Itu karena orang Bandung yang merantau kesana atau mungkin cilung emang berasal dari Pulau Harapan. Entah lah… tapi kalau dari arti cilung itu sendiri, Aci digulung-gulung, Aci itu bahasa sundanya tepung kanji.

Tips Ke Pulau Harapan

1. Buat yang baru pertama kali naik kapal, atau memang suka mabuk laut, jangan lupa minum obat anti mabok dulu sebelum berangkat. Jangan lupa beli satu botol soda. Katanya minum soda juga ampuh untuk menghilangkan mabok.

2. Karena kita jalan-jalan ke pantai, jangan lupa untuk memakai sunblock . Pantai walau mungkin terasa sejuk karena angin, tapi bisa bikin kulit kita jadi gosong kering loh.

IMG-20150830-WA0006

3. Kalau mau praktis, lebih baik menggunakan jasa paketan travel. Harganya bisa lebih murah lagi jika kita lebih banyak. Saya sendiri cuma bayar sekitar Rp. 500.000-an untuk perjalan 2 hari 1 malam, dan makan 3 kali sehari.

4. Ketika menuju ke pelabuhan Muara Angke, jangan lupa bawa masker. Kenapa? karena bau ikan nyengat banget di sana. Sudah bercampur dengan udaranya mungkin. Lain halnya jika kita melalui jalur Ancol.

5. Kalau tidak mau lama-lama di kapal sampai mabok selama 3 jam, bisa naik kapal speedbot dari Ancol cuma butuh waktu 1 jam, tapi tentunya kita harus bayar berkali-kali lipat lebih mahal.

Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.