0

Tutorial Bersyukur

Sebagai mahluk Allah yang diberi akal, kita sebagai manusia tentunya wajib untuk mensyukuri segala nikmat yang tidak terhitung jumlahnya ini. Tapi terkadang kita lupa, dan malah mendustakan segala nikmat yang Allah berikan. Hanya karena gaji kurang misalnya, lantas mengeluh dan menyalahkan Allah tidak adil. Iri melihat orang lain kenapa bisa lebih sukses dari kita, bisa punya rumah yang lebih bagus dari kita, bisa mempunyai mobil yang keren sedangkan kita hanya punya motor butut, iri melihat orang lain bisa jalan-jalan keluar negeri, dsb.

syukur

Banyak sebab yang membuat kita cenderung selalu mempunyai perasaan negatif seperti demikian. Bisa karena memang orangnya tidak mempunyai dasar iman dan taqwa yang baik, atau juga karena memang si orang itu yang tidak tahu bagaimana caranya bersykur dan menimbulkan rasa syukur setiap hari.

Saya tidak munafik, saya pun sampai sekarang terkadang masih suka merasa “lupa” bahwa apa yang Allah sudah berikan saat ini jauh lebih baik dari apa yang saya punya sebelumnya. Terkadang hati mengeluh,” kenapa saya tidak begini, kenapa saya tidak begitu”.

Untuk mengurangi bahkan menghilangkan perasaan “lupa” seperti demikian, saya sendiri mempunyai  tips pribadi untuk meningkatkan rasa syukur setiap harinya.  Hal  paling pertama yang harus saya lakukan tentunya ketika kita bangun di pagi hari. Karena saya muslim, tentunya saya melakukan shalat subuh. Itu cara bersyukur paling pertama yang tentunya semua muslim melakukannya. Tapi selain shalat, setiap kita bangun pagi kita juga harus berterima  kasih kepada Maha Pencipta karena masih diberikan kesempatan untuk menikmati hidup. Ini yang sering kali kita lupa, dan bahkan saya sendiri pun suka lupa. Kita sering mengeluh hidup tidak adil, tapi kita lupa kalau kita diberi kenikmatan untuk hidup.

Kedua, jangan selalu melihat keatas, melihat pada orang yang mempunyai kelebihan di atas kita. Melihat keadaan orang lain yang lebih baik tentunya baik, untuk memotivasi kita agar kita pun bisa menjadi lebih baik lagi, tapi selalu melihat ke atas tanpa pernah melihat ke bawah(pada orang yang tidak lebih baik dari kita) hanya akan membuat kita lupa bersyukur.

Hal ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan cara berbagi rizki dengan orang-orang yang tidak mampu. Berbagi tidak hanya dalam bentuk uang tapi juga bisa tenaga, barang, ide. Percayalah, konsep berbagi dengan hati iklhas sudah menjadi simbol kita telah bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan pada kita. 

Sayapun sampai saat ini masi suka ada rasa mengeluh, lupa bersyukur. Maka dari ini sampai saat ini, saya terus belajar lebih banyak lagi memahami kehidupan agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Semoga kita bisa menjadi pribadi yang selalu bersyukur.



Rekomendasikan Artikel Ini ?

Gungun Septian

Bukan Ustad, bukan Politisi, bukan Artis. Cuma Programmer yang hobi nulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *